Cara Mudah Mengubah Kamera DSLR Menjadi CCTV

Iklan
Mengubah Kamera DSLR menjadi CCTV dengan SparkoCam
Banyak hal yang bisa dilakukan pada smartphone, termasuk salah satunya mengubah fungsi menjadi alat perekam gambar ruangan atau CCTV. Namun sayangnya, kualitas kamera dan beragam alasan lainnya, ponsel pintar dirasa kurang tepat untuk dijadikan CCTV.

Ada perangkat yang lebih tepat digunakan sebagai pengganti CCTV, salah satunya adalah kamera DSLR. Selain gambar yang didapat bisa menghasilkan resolusi lebih tajam, alasan lainnya adalah daya baterai yang cukup besar.

Berikut diinformasikan cara mengubah kamera DSLR pengguna untuk dijadikan sebagai CCTV, seperti dikutip dari laman situs Cnet, Jumat (6/3/2015).

Langkah pertama yang harus disiapkan oleh pengguna adalah meng-install aplikasi SparkomCam pada perangkat PC pengguna. Aplikasi ini bisa di cari atau didapat langsung dari situs resminya, dalam halaman tersebut juga ada beberapa kamera yang kompatibel dengan aplikasi.

Kemudian dilanjutkan dengan menyambungkan kedua perangkat tersebut, biasanya tersedia port micro USB pada kamera yang bisa disambungkan langsung ke perangkat PC melalui konektivitas USB yang ada. Namun pastikan kamera dalam modus sudah aktif atau dalam posisi ON.

Pada tampilan taskbar yang ada, akan tampil notifikasi bahwa aplikasi sedang mengidentifikasi kamera. Pemberitahuan ini pun akan muncul pada kolom tabulasi aplikasi di bagian halaman menu device, secara otomatis akan muncul tampilan bahwa aplikais sedang mendeteksi perangkat.

Saat aplikasi berjalan, kemudian pilih menu rekam video untuk mengambil gambar yang ada disekitar atau sesuaikan cakupan tangkapan yang diinginkan. Di dalam menu aplikasi juga tersedia beragam pengaturan, serta beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan.

Halaman menu juga dapat digunakan pengguna untuk mengatur berapa resolusi preview yang sesuai, serta bitrate video yang ingin ditampilkan. Sedangkan untuk tabulasi effect, pengguna dapat menambahkan ikonik atau gambar lain dalam video yang direkam.

SparkoCam juga memungkinkan mengatur nilai eksposur yang diinginkan untuk menyesuaikan aperture, shutter speed, ISO dan white balance dalam kamera. Namun jangan pernah lupakan untuk mengatur fokus dalam tahap awal pengambilan.

Langkah selanjutnya untuk mendapatkan suara yang ada adalah dengan memasang perangkat mic audio untuk merekam suara. Aplikasi SparkoCam hadir dalam versi gratis, namun tersedia juga dalam versi berbayar yang dibanderol sekira USD30 atau sekira Rp390 ribu untuk mendapatkan beragam fitur dalam versi lengkap.

Untuk melihat jenis kamera DSLR apa saja yang sudah mendukung aplikasi ini, bisa klik DISINI
Iklan

0 Response to "Cara Mudah Mengubah Kamera DSLR Menjadi CCTV"

Post a Comment