Xperia M4 Aqua, Ponsel yang Bisa Dicuci

Iklan
Xperia M4 Aqua, Ponsel yang Bisa Dicuci

KEMAMPUAN tahan air dan debu menjadi khas ponsel besutan Sony. Sukses dengan kelebihannya itu, produsen Jepang itu terus berinovasi menghadirkan ponsel-ponsel tahan air lainnya, hingga banyak kompetitor mengakui dan bahkan mengekor kehebatan Sony.

Baru-baru ini, Sony kembali menghadirkan Xperia M4 Aqua. Ponsel yang didapuk sebagai generasi tahan air ini, memiliki kemampun lebih dari pendahulunya M2 Aqua. Namun, sayangnya masuk kategori ponsel kelas menengah, yang tentunya dengan banyak kelebihan yang ditawarkan.

Desain
Seperti biasanya, ponsel keluaran Sony memiliki khas tersendiri, khususnya pada bagian sudut-sudutnya yang kokoh dan tangguh terlihat juga dari penggunaan bahan alumunium yang ada pada bingkai ponsel. Namun, tidak serta merta membuat ponsel ini terlihat lebar, kami menilai ukuran yang dipakainya begitu nyaman dan ergonomis.
Pada bagian belakang, terbuat dari bahan plastik yang berlapis-lapis, sehingga akan keras dan bila terjadi benturan atau terjatuh, ponsel tidak akan langsung merusak bagian dalamnya. Tetapi, memang bagian plastik luar rentan pecah atau minimal retak. Kamera belakang seperti biasa berbentuk bulat yang dilengkapi lampu LED flash.
Pada bagian tombol, semua tombol diletakkan dalam posisi sama, disisi kanan ada tombol shutter kamera, volume, on/off dan SIM card. Sedangkan bagian kiri, terdapat slot Micro SD, dan port micro USB.
Tombol-tombol tersebut ketika ditekan terasa lembut, dan bahkan tidak bersuara. Hebatnya, meskipun tidak ada karet pada port charger dan audio untuk melindung dari masuknya air, ponsel ini ketika Okezone guyur dan celupkan dalam air hingga 1,5 meter selama 30 menit, ponsel tetap aktif, tidak mengalami gangguan.
Hanya saja, ponsel ini jangan sekali-sekali dibawa renang dalam air laut, karena kadarnya berbeda sehingga akan menghilangkan garansi yang disebabkan kerusakan. Sebab, ponsel ini memang tidak dirancang untuk terkena air laut yang akan menyebabkan karat dan korosi.

Display
Xperia M4 Aqua ini membawa layar 5 inci dengan menggunakan layar panel IPS Display dengan resolusi HD 720 x 1280 piksel, tentunya memancarkan gambar beresoluis HD. Ini memperlihatkan foto dan video yang diambil tetapi menghasilkan gambar yang bagus sesuai dengan aslinya, dengan kerapatan piksel 294 ppi.
Boleh dikatakan ponsel ini cukup memiliki ketebalan baik hanya 7,3 mm dengan berat 136 gram. Ponsel ini juga dilengkapi dengan desain Sony Omni Balance sehingga sangat nyaman saat digennggam. Bezel ponsel ini pun nampaknya dibuat tipis agar terlebih modis, dengan empat pilihan warna, yakni white, black, silver dan copper.
Layar ponsel ini juga sudah dilengkapi lapiran Scratch-resistant glass yang membuatnya tidak mudah tergores dan pecah, dengan fungsi sama persis dengan Gorilla Glass buatan Corning. Dengan layar besar, dan memiliki resolusi HD tentu mampu menghasilkan gambar yang terang dan tajam apalagi ponsel ini menggunakan panel IPS yang memberikan gambar tajam, dan warna akurta saat dilihat dari berbagai sisi.

Dapur Pacu
Dengan RAM yang disediakan sebesar 2 GB tentu sangat mumpuni bila hanya sekedar main game, email, brosing data, BBM-an, WhatsApp, atau yang lainnya. Processor yang dimilki Qualcomm Snapdragon 615 dengan kecepatan Octa Core 1.5 Ghz untuk memberikan performa dan kecepatan maksimal tanpa menguras daya dari baterai. Processor dengan arisitektur 64 Bit tersebut memang terbukti awet karena tidak berjalan secara bersamaan dan memiliki 2 inti processor Quad Core yang berjalan secara bergantian.
Tentu saja, salah satu kelebihan dari ponsel ini yang belum dimiliki seri sebelumnya yakni sistem operasinya menggunakan OS Android Lollipop yang mampu meningkatkan kinerja multitasking, dan memiliki peforma lebih cepat.
Aplikasi terbaik Sony seperti pemutar musik Walkman, dan aplikasi kamera terbaik tak lupa disematkan pada ponsel ini, kemudian untuk baterainya ditenanga bateria Li-Ion berukuran 2400 mAh dengan model unibody alias tidak bisa dicopot secara langsung.
Disediakan memory berukuran 8 GB untuk menyimpan foto dan file musik yang anda miliki. Sayangnya, ponsel ini hanya mendukung memory eksternal sampai 32 GB, padahal ponsel sekelasnya yang menggunakan Chipset Snapdragon 615 sudah mendukung memory microSD hingga 64 GB lebih.
Xperia M4 Aqua memiliki score pada Antutu Benchmark v5.7.1 yakni 35173. Ponsel ini berhasil mengalahkan HTC One, Xiaomi seri Redmi Note, Mi2 dan Asus Zenfone 5,  dan terpaut satu tingkat di bawah LG G3 dan Google Nexus 5.

Kamera Foto & Video
Kamera foto ponsel ini boleh dikatakan memiliki piksel mumpuni yakni 13 MP untuk belakang. Keunggulannya, selain menghasilkan gambar baik, juga mampu mengambil gambar cukup hanya dengan menunjuk tanpa menyentuh layar, hasil gambar sama persis dengan kamera yang menempel di layar.
Untuk kamera depan disediakan resolusi berkekuatan 5 MP, sangat bagus dan disediakan khusus foto selfie, dengan gambar lebih nyata cerah, terang dan bahkan seterang aslinya.
Ini karena Sony menghadirkan Exmor RS sensor ponsel dengan aperture F/2.0 dan sensitivitas ISO 3200. Teknologi kamera digital yang secara otomatis dapat disesuaikan dengan 52 skenario berbeda, untuk gambar cerah dalam cahaya rendah atau backlight kuat.
Kamera menjadi salah satu fitur penting ponsel ini. Kemampuan kamernya semakin maksimal dengan Autofokus dan LED Flash, sedangkan kemampuan video recordingnya mampu merekam video Full HD 1080p dengan percepatan 30fps.

Harga
Dengan harga Rp4 Jutaan, memang masih tergolong mahal. Tetapi, bila melihat spesifikasi dan kemampuan kamera selfie dan ponsel tahan air dan debu, tentu ponsel ini sangat terjangkau. Jarang pastinya ada ponsel dengan harga Rp4 juta, yang dilengkapi kemampuan sebaik Sony Xperia M4 Aqua.

Konektivitas
Ponsel ini berjalan di atas generasi berbeda, dari mulai GSM, HSDPA, dan juga 4G LTE. Ini bisa diatur sesuai keinginan, apabila dirasa enggan menggunakan 4G, jaringan 3G masih tersedia. Sehingga bisa disetting, jaringan mana yang sekiranya dibutuhkan, tanpa harus mengaktifkan seluruhnya, karena disinyalir bila terlalu banyak mengonsumsi akan menguras baterai ponsel.

Kelebihan
• Anti debu dan kedap air sampai kedalaman 1.5 meter selama 30 menit
• Processor Octa Core Snapdragon 615 dengan arisitektur 64 Bit
• OS Android Lollipop, RAM 2 GB
• Dilengkapi 4G LTE
• Mendukung NFC dan USB OTG
• Didesain tipis, elegan dan premium

Kekurangan
• Resolusi layar masih HD 720p, seharusnya Full HD
• Memory eksternal kecil hanya 32 GB
• Baterai tidak bisa dicopot, model unibody






Iklan

0 Response to "Xperia M4 Aqua, Ponsel yang Bisa Dicuci"

Post a Comment