CR7 Diabadikan sebagai Nama Galaksi Baru

Iklan
Cosmos Red 7

Melalui sebuah laporan yang dipublikasikan The Astrophysical Journal, para astronom dari European Southern Observatory mengumumkan bahwa telah menemukan sebuah galaksi baru. Galaksi yang belum pernah didokumentasikan ini ditemukan pada kosmos muda yang diberi nama CR7.

Galaksi CR7 memang akrab dengan julukan yang disematkan kepada pemain sepakbola Portugal, Cristiano Ronaldo. Nama ini diberikan karena para astronom mengungkapkan kagum terhadap pemain sepakbola ini.
“Julukan ini terinspirasi oleh pesepakbola besar Portugis, Cristiano Ronaldo, yang dikenal sebagai CR7,” jelas Southern Observatory, Astronom asal Eropa yang menemukan galaksi tersebut dan menuliskannya dalam laporan. Seperti dikutip dari News Softpedia, Kamis (18/6/2015).

Namun demikian, nama CR7 memiliki makna sendiri yakni Cosmos Red 7, gugusan galaksi dilansir yang berada di konstelasi Sextans. Galaksi merah ini mengalami pergeseran ukuran jarak dengan galaksi untuk planet Bumi dan lainnya.

“Semakin tinggi pergeseran merah, semakin jauh galaksi dan selanjutnya kembali sejarah alam semesta itu terlihat,” jelas ilmuwan. Pergeseran CR7 ini sendiri, diungkapkan juga sebagai bagian dari galaksi tertua.
Dalam laporan tersebut juga dijelaskan penemuan CR7 oleh ilmuwan European Southern tersebut, diidentifikasi dengan bantuan teleskop yang dikenal dengan nama Very Large Telescope di Chile Atacama Desert.

Para astronom menjelaskan bahwa galaksi ini kemungkinan muncul sekira 800 juta tahun setelah kejadian Big Bang, dan hal tersebut telah teridentifikasi oleh Very Large Telescope. Hal tersebut juga menandakan bahwa galaksi ini masuk dalam jajaran bintang generasi pertama.

Generasi pertama ini bisa dibilang sebagai generasi tertua, karena generasi ketiga adalah bintang induk Bumi yakni Matahari. Generasi pertama ini diungkapkan lebih tua dari bintang induk yang telah berusia sekira 4,6 miliar tahun, dan terjadi karena ledakan supernova.
Iklan

0 Response to "CR7 Diabadikan sebagai Nama Galaksi Baru"

Post a Comment